Puskesmas Prajekan

Pusat Kesehatan Masyarakat Prajekan

Tahapan Persiapan akreditasi puskesmas : Penyusunan Dokumen #4

Tahapan Persiapan akreditasi puskesmas : Penyusunan Dokumen #4

Penyusunan Dokumen #4 - Sampai pada tahapan penyusunan dokumen ini. Tim pendamping akreditasi dapat menyampaikan panduan atau cara dalam pembuatan Surat Keputusan ( SK ), standar operasional prosedur ( SOP ), kerangka acuan kerja ( KAK ), pedoman dan dokumen manual mutu puskesmas. Tim pendamping dapat memberikan contoh dokumen yang sudah ada.

Dalam tahapan ini pula hendaknya di identifikasi dokumen yang di butuhkan dalam menyelesaikan setiap elemen penilaian, penyiapan tata naskah, sarana dan prasarana, penyiapan dokumen internal dan external, penataan dokumen lalu di tindaklanjuti dengan pengendalian dokumen dan perbaikan sistem yang ada di puskesmas.

Akan ada banyak rapat pada tiap-tiap pokja dalam menyelesaikan penyusunan dokumen.

Saran : hendaknya setiap anggota tim mutu dapat membaca kembali setiap EP yang ada. Jadi bila ada dalam EP tersebut dapat di satukan. Maka hendaknya kegiatan penyiapan dokumennya di satukan saja guna menghemat waktu dan daya upaya puskesmas.

Beberapa dokumen diantaranya perlu disiapkan selain dokumen yang diminta oleh setiap EP, sebagai berikut :

  1. Dokumen internal, meliputi : kebijakan, manual mutu, rencana lima tahunan, perencanaan tingkat puskesmas ( PTP ) tahunan, pedoman atau panduan, kerangka acuan kerja program, standar operasional prosedur ( SOP ), rekam implementasi.
  2. Dokumen external, meliputi : peraturan perundangan dan pedoman-pedoman yang diberlakukan oleh kemenkes, dinkes prop/kab/kota dan organisasi profesi yang merupakan acuan bagi FKTP dalam menyelenggarakan administrasi manajemen.

Baca Juga : Tahap #3 Akreditasi - Self Asessment

sumber: akreditasipuskesmas.org

Video tahapan Akreditasi Puskesmas


Artikel Puskesmas Prajekan Lainnya :

Alamat

  • Jl.KHR As'ad Syamsul Arifin, – Bondowoso, Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, 68285, Indonesia
  • Telp : (0332) 560520
Copyright © 2017 Puskesmas Prajekan Created By Firman Digital